Kamis, 11 November 2021

LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN SISWA (LDKS) 2021

           

    Latihan Dasar Kepemimpinan / LDK adalah sebuah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Pelatihan ini biasanya yang diberikan oleh Pengurus OSIS lama kepada calon Pengurus OSIS baru, baik untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama maupun Sekolah Menengah Atas (untuk LDK tingkat sekolah menengah). Pelatihan dasar yang diberikan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan kepada Pengurus OSIS baru yang nantinya akan menjadi pemimpin dari seluruh kesatuan OSIS dari sekolah yang bersangkutan.

            LDK biasanya diberikan dalam 2 bagian yaitu LDK Fisik dan LDK Mental. Pemberian materi dari kedua jenis LDK ini biasanya diberikan di waktu dan tempat yang berbeda. Untuk LDK Mental, yang menjadi pemberi materi bukanlah lagi para Pengurus OSIS lama melainkan Dewan Guru, Pembina OSIS, Kepala Sekolah serta Guru Psikologi dan Konseling dari sekolah yang bersangkutan, atau bisa juga dengan cara menyewa dari suatu Lembaga Psikologi Independen. LDK Fisik biasanya diberikan di sekolah dalam waktu 3-5 Hari penuh, sedangkan LDK Mental biasanya diberikan di luar kota dalam waktu 2-4 hari.

Dalam rangka menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan berbagai nilai positif dalam diri siswa, SMA Islam Temayang menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) bagi seluruh calon pengurus OSIS baru. LDKS sebagai sebuah bentuk kegiatan yang menjadi tolok ukur kepada peningkatan sumber daya siswa untuk mendalami dan memahami tentang konsep-konsep atau dasar-dasar sebuah organisasi. Tidak hanya itu, LDKS juga bertujuan untuk melatih kedisiplinan dan kekompakan antar sesama pengurus OSIS SMA Islam Temayang.

        Bapak Siswoyo, S.Pd., pembina OSIS di SMA Islam Temayang menuturkan, “Kegiatan LDKS ini penting dalam melatih kedisiplinan siswa serta mengasah mental pemimpin dari seluruh anggota OSIS”. Lebih lanjut beliau menambahkan kalau kegiatan LDKS ini dilaksanakan rutin setiap tahunnya dengan tujuan agar dapat tercipta siswa-siswi yang disiplin, berjiwa pemimpin, dan berintegritas. Kegiatan kali ini berlangsung selama tiga hari sejak Rabu (03/11/2021) hingga Jum’at (05/12/2021) bertempat di SMA Islam Temayang.

Hawa dingin di awal musim penghujan ini seolah tidak meruntuhkan semangat peserta LDKS kali ini. Mereka malah semakin semangat dalam mengikuti semua rangkaian kegiatan. “Banyak sekali manfaat yang bisa kami ambil dari LDKS ini, seperti mengajari untuk berani tampil di depan umum, cara mengatasi nervous, dan masih banyak lagi. Intinya bermanfaat banget bagi kami.” Ujar Dyah, salah satu peserta LDKS.

“Ada nilai-nilai yang didapat setelah tiga hari kegiatan ini, seperti karakter kepemimpinan, disiplin, kerjasama, cinta tanah air, semangat belajar, kepekaan sosial. Selain itu, LDKS ini juga diarahkan untuk membentuk karakter siswa sesuai ciri khas dari SMA Islam Temayang”. Tutup Bapak Moh. Syamsudin, S.Ag., S.Sos., selaku Kepala SMa Islam Temayang.

 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar