Senin, 05 Februari 2024

Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas XI.3 SMAS Islam Temayang Tahun Ajaran 2023/2024 pada Materi Pengaruh Kalor Jenis Zat Terhadap Kenaikan Suhu Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Virtual Lab (Phet Simulation)

  

Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas XI.3 SMAS Islam Temayang Tahun Ajaran 2023/2024 pada Materi Pengaruh Kalor Jenis Zat Terhadap Kenaikan Suhu Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Virtual Lab (Phet Simulation)

Devy Indah Purwaningtyas

(23021141374)

 

PPG Dalam Jabatan Kategori 1 Angkatan 3

LPTK Universitas PGRI Madiun

Tahun 2023

 


Latar belakang dari aksi ini adalah motivasi belajar Peserta didik kelas 11.3 SMAS Islam Temayang pada mata pelajaran Fisika masih rendah. Hal ini terlihat  dari peserta didik yang cenderung kurang berminat terhadap pelajaran FisikaPada saat proses belajar mengajar sebanyak 50% pasif dan 30 % peserta didik yang tidak tuntas. Faktor penyebabnya yaitu : (1) model pembelajaran masih berpusat pada guru; (2) pembelajaran jarang terintegrasi perkembangan teknologi.

Praktik ini penting untuk dibagikan agar bisa digunakan sebagai referensi bagi rekan guru Fisika. Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah mengidentifikasi masalah kemudian menganalisis penyebabnya, mencari solusi masalah berdasarkan kajian literatur, wawancara teman sejawat dan para pakar serta dilanjutkan menentukan solusi, meliputi menentukan model pembelajaran inovatif, metode pembelajaran menarik dan media interaktif. Selanjutnya dengan membuat rancangan modul ajar, bahan ajar, media power point dan video interaktif, LKPD, evaluasi dan melaksanakan pembelajaran sesuai perangkat yang dibuat.

Tantangan yang dihadapi dalam menerapkan model pembelajaran PBL berbantuan Virtual Lab PhET adalah : (1) jaringan wifi yang tersedia tergolong kurang maksimal;(2) terdapat 10% peserta didik yang terkendala mengikuti asesmen awal secara online; (3) 50% peserta didik kesulitan dalam kegiatan diskusi dan eksperimen; (3) 40 % peserta didik memiliki ketrampilan komunikasi tergolong rendah.

Pihak yang terlibat dalam pelaksanaan praktik adalah : (1) Penulis; (2)Peserta didik; (3)Teman sejawat, membantu memberikan alternatif solusi dan  dukungan pelaksanaan aksi; (4) Kepala sekolah, sebagai stakeholder kepala sekolah memberikan dukungan sehingga dapat menyelesaikan seluruh kegiatan dan penugasan PPG  dengan baik; (5) Dosen dan guru pamong yang  selalu memberikan bimbingan dalam menyusun, melakukan dan menyelesaikan tugas atau tagihan di LMS PPG.

Berdasarkan tantangan yang dihadapi guru, langkah- langkah yang harus dilakukan yaitu:(1)Merancang pembelajaran yang berpusat pada peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan metode eksperimen berbantuan virtual Lab (PhET Simulation);(2)Pemanfaatan Teknologi Informasi gawai/chromebook dalam pembelajaran fisika.

Dampak pada pembelajaran antara lain: (1) Pembelajaran menjadi lebih menarik ditandai dengan antusiasme peserta didik saat kegiatan berlangsung; (2) fokus peserta didik berpusat pada pembelajaran dalam menggunakan media elektronik (3) Peserta didik menjadi lebih aktif;(4)Peserta didik dapat bekerjasama dalam tugas kelompok dengan baik; (5) Peserta didik mulai terbiasa untuk aktif berkomunikasi dalam pembelajaran.

Hasil yang didapat dengan menerapakan model PBL melalui metode ekperiman virtual lab PhET antara lain : (1) Peningkatan hasil belajar dari 30% menjadi 70% peserta didik mencapai batas ketuntasan minimal; (2) peningkatan motivasi belajar peserta didik dengan rata-rata skor 65 menjadi 82;

Respon dari strategi yang dilakukan terlihat pada penilaian hasil wawancara dengan guru adalah sebagai berikut : (1)Model pembelajaran PBL efektif dilaksanakan dalam pembelajaran Fisika; (2)Metode praktikum mampu meningkatkan pemahaman peserta didik.

Faktor keberhasilan ini tidak luput dari dukungan semua warga sekolah SMAS Islam Temayang yaitu: (1) Ketepatan dalam memilih model dan media pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan motivasi dan aktivitas peserta didik dalam mengikuti pembelajaran Fisika; (2)Kerjasama dan dukungan dari teman sejawat, kepala sekolah, dosen, guru pamong, dan rekan rekan PPG.

Pembelajaran dari proses ini adalah guru harus berperan aktif dan inovatif dalam menggunakan metode pembelajaran, menyediakan media, alat dan bahan yang beragam sehingga menumbuhkan minat motivasi peserta didik sehingga keaktifan dalam pembelajaran meningkat.

 

Daftar Pustaka

Elia,dkk.(2020). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Virtual Lab Phet pada Pembelajaran Fisika Guna Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT) Vol. 8 No. 1, April 2020

Yulianti,E.Gunawan,Indra.(2020).Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis

Website Universitas PGRI Madiun (url : https://unipma.ac.id)

Website Pendidikan Profesi Guru Universitas PGRI Madiun (url : https://ppg.unipma.ac.id)

Website Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Madiun (url : https://fkip.unipma.ac.id)

Website Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas PGRI Madiun (url : https://pmb.unipma.ac.id)

Sistem Informasi Manajemen Universitas PGRI Madiun (url : https://sim.unipma.ac.id)

Laman Akreditasi Universitas PGRI Madiun (url : https://akreditasi.unipma.ac.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar