Rabu, 30 Agustus 2023

Sukseskan ANBK Tahun 2023 untuk Visualisasi Raport Mutu Pendidikan di SMA Islam Temayang

Salah satu Peserta ANBK terlihat sangat serius mengerjakan Soal-soal ANBK (Photo by. Ilham)

www.smait.sch.id - Bojonegoro. Serius di depan komputer, peserta didik SMA Islam Temayang sedang mengikuti pelaksanaan Asesmen Nasional di hari Rabu-Kamis tanggal 30-31 Agustus 2023. Kegiatan ANBK ini diikuti oleh peserta didik kelas 11, namun tidak semua peserta didik yang duduk di kelas 11 mengikuti ANBK. Peserta didik yang mengikuti ANBK, dipilih secara acak (random) dengan metode yang telah ditetapkan oleh kementerian. 

Asesmen Nasional merupakan program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Materi ujian yang harus dikerjakan peserta didik meliputi Asesmen Kompetensi Minimum literasi-numerasi, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar). 

"Pada hari pertama peserta didik mengerjakan latihan soal selama 10 menit, soal AKM literasi membaca selama 90 menit dan survei karakter selama 30 menit. Begitu pula pada hari kedua mereka mengerjakan latihan soal 10 menit, soal AKM numerasi selama 90 menit dan survei lingkungan belajar selama 30 menit,” Bapak Ilham Latif, selaku Waka Kurikulum di SMA Islam menjelaskan detail tentang pelaksanaan ANBK.

Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

AN diharapkan dapat menghasilkan potret komprehensif yang berguna bagi sekolah/madrasah dan pemerintah daerah untuk melakukan evaluasi diri dan perencanaan perbaikan mutu pendidikan.

“Alhamdulillah, pada hari pertama pelaksanaan ANBK berjalan dengan lancar tanpa hambatan, semoga hari kedua ini juga dapat terlaksana dengan lancar sesuai harapan. Semoga hasil AN tahun ini maksimal dan dapat menghasilkan gambaran komprehensif mutu SMA Islam Temayang di raport pendidikan, Selanjutnya dapat dijadikan acuan dalam mengidentifikasi masalah, merefleksikan akarnya dan membenahi kualitas pendidikan secara menyeluruh oleh pengelola,” tutur Pak Ansori selaku proktor dalam kegiatan ANBK tahun ini. (Nurhayati)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar