Sabtu, 09 September 2023

MEDALAMI MAKNA WAWASAN KEBANGSAAN UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN RASA CINTA TANAH AIR

www.smait.sch.id. BOJONEGORO - Serius dan antusias mendengarkan, begitulah kira-kira kondisi peserta didik yang sedang mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan dan Kemiliteran yang dilaksanakan pada Sabtu, 09 September 2023. Kegiatan ini di adakan di Aula SMA Islam Temayang dan di ikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas X dan XI.

Tidak seperti kegiatan-kegiatan sebelumnya. Kali ini kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan dan Kemiliteran digabung menjadi satu kegiatan yang di isi oleh pemateri dari Koramil Kecamatan Temayang yaitu Bapak Arifin dan Bapak Fatkhur. Pada pertemuan kali ini, beliau membagikan banyak sekali wawasan-wawasan kebangsaan yang dapat menguatkan rasa cinta tanah air kepada para peserta. Selain itu, beliau juga membagikan banyak pengalaman ketika berjuang untuk meraih cita-cita menjadi seorang Tentara Nasional Indonesia. 

Semua peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut terlihat sangat antusias mendengarkan materi yang di sampaikan oleh pemateri, dan sesekali pemateri juga mengajak para peserta untuk melakukan sebuah yel-yel agar suasana menjadi lebih meriah dan semangat. Di tengah-tengah materi tak jarang juga ada beberapa siswa-siswi yang mengacungkan tangan dan bertanya tentang apa itu radikalisme, ekstrimisme dan semacamnya, bagaimana cara menghindari agar tidak terjerumus kedalam kelompok-kelompok separatis tersebut. Ada juga beberapa siswa yang bertanya di luar materi seperti bagaimana cara agar dapat masuk/diterima menjadi TNI/Polisi, disini pemateri memberikan beberapa tips latihan apa saja yang nantinya akan dapat menunjang ketika ada siswa-siswi yang ingin mendaftar dan mengikuti tes di institusi TNI/Polri.

Di akhir kegiatan, Pak Fatkhur atau yang kerap di sapa (Mas AL) juga mengingatkan kepada para siswa-siswi agar selalu menaati peraturan sekolah, misalnya dengan tidak menggunakan knalpot brong saat sekolah, tidak geber-geber motor di lingkungan sekolah karena hal tersebut merupakan perilaku tidak terpuji dan sangat mengganggu ketenangan di lingkungan sekolah. Materi berakhir tepat pukul 15.00 dan di akhiri dengan berdo'a bersama yang di pimpin oleh Bu Ika Tarunawati S.Pd. selaku Waka Kesiswaan. (Rio Prasiska)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar